Home » » Wabah Virus Zika, WHO tetapkan Darurat di Seluruh Dunia

Wabah Virus Zika, WHO tetapkan Darurat di Seluruh Dunia

WHO (World Health Organization) mengumumkan kepada dunia, bahwa virus zika telah menjadi ancaman yang tidak dapat diremehkan.

Virus yang disalurkan melalui nyamuk ini menurut organisasi kesehatan dunia tersebut masuk ke dalam kategori yang mirip dengan Ebola, yang sampai menewaskan sebelas ribu lebih orang di Afrika Barat.

Apa Sebenarnya Virus Zika?

Virus Zika sendiri pertama kali ditemukan pada monyet di Uganda pada tahun 1947 dan nama Zika berasal dari hutan Zika di mana ia pertama kali ditemukan.

Virus ini pun pertama mewabah di kawasan tropis Afrika dan menyebar pula di Asia Tenggara dan Kepulauan Pasifik. Tapi ternyata virus ini juga merebak di Brasil tahun lalu dan sejak itu telah terlihat di banyak negara Amerika Latin dan Kepulauan Karibia.

Perlu diketahui pula, Virus Zika ditularkan melalui gigitan nyamuk dari jenis yang sama dengan nyamuk penyebab demam berdarah, chikungunya dan demam kuning.

Tapi tak hanya nyamuk, virus Zika juga bisa menyebar melalui hubungan seks. Ini, pernah ditemukan dalam air mani seorang pria di Tahiti dan sudah ada laporan lain dari kemungkinan penyebaran virus melalui hubungan seks.
Dokumentasi: oceanpress.info

Virus Zika, merupakan penyakit yang dituding menjadi penyebab kepala bayi menjadi mengecil atau mikrosefali. Ia menyerang ibu-ibu hamil lewat gigitan nyamuk yang menjadi medium penularnya.

Di sejumlah negara, pada tahun 2015-2016 virus ini memang telah menjadi pusat perhartian. Beberapa negara yang sudah dilaporkan terjangkiti virus ini adalah Brasil, Barbados, Kolombia, Ekuador, French Guiana, Guatemala, Guyana, Panama, Paraguay dan lainnya.
Advertisement


Thanks for reading Wabah Virus Zika, WHO tetapkan Darurat di Seluruh Dunia

Newest
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar